4 Jenis Tinta Anti Air, Anti Luntur Yang Wajib Anda Ketahui

Bismillah, As-salamu'alaykum,,,. Selamat malam sobatt dokter printer dimanapun sobat berada, bagaimana kabar ssobat di malam hari ini? Semoga sobat senantiasa diberikan kesehatan oleh allah subhanahu wata'alaa, Aamiin. Dimalam hari ini seperti biasanya untuk mengisi waktu luang saya akan mencoba untuk menulis sebuah artikel yang saya beri judul '4 Jenis Tinta Anti Air, Anti Luntur Yang Wajib Anda Ketahui'. Semoga tulisan ini nantinya bisa memberikan manfaat.

Sahabat blog dokter printer yang saya cintai, di zaman sekarang ini yaitu zaman milenial penggunaan perangkat printer merupakan sesuatu yang lazim untuk berbagai kalanggan. Khususnya mereka-mereka yang bergelut dibidang percetakan, Advertising (periklanan), perkantoran dan sejenisnya. Aktivitas tersebut sudah barang tentu tidak bisa lepas dari kebutuhan cetak mencetak setiap harinya. Betul?


Ngomongin soal kebutuhan cetak mencetak bisa dipastikan sangat erat kaitannya dengan tinta yang digunakan untuk mencetak. Tahukah sahabat, bahwa di dalam dunia cetak mencetak itu ada banyak dan beragam jenis dan merk tinta yang beradar dipasaran? Dan semua tidak semuanya tidak memiliki jenis yang sama lho.

Setiap tinta masing-masingnya memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Oleh karena itu anda harus cermat dan teliti dalam memilih atau menentukan jenis tinta sesuai dengan kebutuhan cetak mencetak anda.

Dan salah satu tantangan dalam sebuah aktivitas mencetak adalah mencari jenis tinta dengan kemampuan waterproof (dalam bahasa indonesia : anti air/anti luntur). Terutama bagi  anda sahabat dokter printer yang ingin mencetak untuk kebutuhan di media souvenir, Advertising, dan periklanan. So, anda perlu tahu jenis jenis tinta dan merk yang memiliki keunggulan anti air. 

Dan di dalam tulisan atau artikel ini akan saya sebutkan 4 Jenis tinta yang miliki kemampuan anti air atau anti luntur.

4 Jenis Tinta Anti Air dan Anti Luntur
  • TINTA PIGMENT DURABRITE

Tinta Pigment Durabrite adalah jenis tinta printer yang terbuat atau dengan komposisi campuran dari bahan air, diluent, Colourant, Pigment dan campuran bahan kimia lainnya. Kalau kita bandingkan dengan tinta berjenis Dye Based maka tinta ini memiliki ketajaman warna yang lebih kuat.

Dengan menggunakan tinta jenis pigment ini hasil cetakkan printer kita akan menjadi lebih kelihatan natural dan anti gores gaes. Kelebihan utama atau keunggulan dari jenis pigment ini adalah anti luntur jika terkena air dan anti pudar jika terkena sinar matahari langsung. Hanya saja tinta ini jangan sampai tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, karena tinta ini bisa kering sehingga bisa menyumbat Nozzle dari head katrid printer.

Tinta jenis pigment ini bisa di pakai dan di aplikasikan pada kertas jenis HVS, Inkjet Paper, Double Matte, Glossy Photo Paper, RC Glossy Paper, Transfer Paper, Kertas 3D, Kertas Buffalo, Art Paper, dan PVC ID Card.

  • TINTA SUBLIM
Tinta Sublim adalah tinta yang terbuat dari bahan yang didominasi dengan nyimak, eh minyak maksudnya (hehehe..) sehingga lebih tahan terhadap air. Tinta jenis Sublim ini memili kemampuan untuk menghasilkan cetakan dengan warna yang kuat dan tidak mudah pudar. Di Karenakan terlalu tahannya tinta ini sering kali digunakan untuk media Souvenir seperti Kaos, Mug, Pin, keramik, piring dan lain sebagainya.

Tinta jenis Sublim ini mempunyai tingkat kekentalan yang tinggi, maka kita harus sering menggunakan printer yang menggunakan tinta ini untuk mencetak. Karena jika printer ini tidak sering digunakan akan mengakibatkan print head printer akan mengalami kebuntuan atau tersumbat.

Tinta Sublim ini biasa di gunakan untuk Kertas Jenis Sublim dan Inkjet Paper diantaranya, Mug, Piring, Asbak, Botol dan lain-lain.

  • TINTA SOLVENT
Tinta Solvent adalah jenis tinta yang terbuat dan terdiri dari komposisi Cat Duco dan bahan tambahan lainnya. Keunggulan utama yang menonjol dari tinta ini adalah sebagai wareproof yang tidak luntur jika terkena air dan dilengkapi dengan formula anti UV sehingga anti pudar jika terkena matahari langsung.

Kelemahan dari Tinta Solvent ini adalah memiliki bau yang sangat menyengat, Sehingga anda disarankan untuk memaki masker ketika anda mengaplikasikan tinta jenis Solvent ini.

Tinta Solvent ini biasanya sering digunakan untuk mencetak di media Banner, X-Banner, Vinyl Frontlite, Vinyl Backlite, Billboard, dan Neon Box.

  • TINTA PHOTO ULTIMATE PLUS UV
Tinta Photo Ultimate Plus Uv ini dibuat dan diracik dengan memandukan formula khusus yang memiliki kemampuan seperti, mempertahankan ketajaman warna meski direndam didalam air selama kurang lebih 72 jam nonstop, serta tidak pudar terkena sinar matahari.

Untuk Tinta Photo Ultimate Plus UV ini biasanya sering dipakai dan diaplikasikan atau digunakan untuk beberapa jenis kertas antara lain, HVS, Inkjet Paper, Double Matte, Glossy Photo Paper, RC Glossy Paper, Transfer Paper, Kerta 3D dan Kertas Buffalo.

Demikianlah sahabat penjelasan dari 4 Jenis Tinta anti air, anti luntur yang wajib sobat ketahui sebelum anda menjatuhkan pilihan tinta agar sesuai dengan orientasi anda dalam melakukan pekerjaan cetak mencetak.

Sekali lagi semoga tulisan yang ringkas dan blepotan dalam penjelasannya ini bisa memberikan banyak manfaat bagi pembaca dan pengunjung blog munggil 'DOKTER PRINTER'. Akhirnya saya undur diri dulu dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan dengan postinga yang menarik dan bermanfaat. Sekian, See U... ☺

Tags:
Buka Komentar
Template By Muh Akram