Bolehkah kita mengisi (refill) Printer Epson kita yang seri L110, L120, L220, L210, L300, L350, L360 dan seri L yang lainya menggunakan tinta BIASA, bukan ORIGINAL?

Bismillah, assalamu'alaikum,,,,Pada kesempatan kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang 'Bolehkah kita mengisi (refill) Printer Epson kita yang seri L110, L120, L220, L210, L300, L350, L360 dan seri L yang lainya menggunakan tinta BIASA, bukan ORIGINAL?'. Hal ini sengaja saya tulis karena banyaknya orang yang bertanya mengenai hal ini. Semoga tulisan saya ini bisa menjadi solusi dan pencerehan bagi anda pengguna sekaligus penggermar dari printer Epson infus pabrikan yang mengeluhkan tingginya harga tinta original.


Telah kita ketahui bahwa produk printer epson seri L110, L120, L220, L210, L300, L350, L360 dan seri L yang lainya adalah produk resmi epson yang telah include infus dari pabrikannya. Jadi dari Kit infusnya telah disertakan tinta original dalam bentuk botol kalau tidak salah isinya sekitar 75ml. Jika saat kita mengisi tinta selalu menggunakan tinta original epson, tentu hal itu tidak menjadikan masalah, karena design tintanya pasti akan cocok dengan printer epson seri L110, L120, L220, L210, L300, L350, L360 dan seri L yang lainya dari segi kecerahan warna, kekentalan tinta, dan hal-hal lainya.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana jika kita menggunakan isi ulang (refill) dengan menggunakan tinta BIASA BUKAN ORIGINAL? atau dengan kata lain kita menggunakan tinta tidak original yang beredar dipasaran, yang produk tersebut bukan dari epson? bolehkah? Setelah kami melakukan analisa dan bertanya-tanya kepada para distributor sparepart printer yang mereka telah melakukan penelitian sekian lama, dari hasil penelitian pada Print Head, Mainboard, Ink System Assy/pompa dan lain-lainya jika menggunakan tinta non original, maka printer seri L110, L120, L220, L210, L300, L350, L360 dan seri L yang lainya sudah tidak perlu lagi memasukkan serial number saat melakukan pengisian ulang.

Kemudian kesimpulan Para pakar printer hal ini 'BOLEH SAJA' printer epson dengan Kit Infus Pabrik di isi tinta non original. Rata-rata alasan mereka adalah ingin lebih ekonomis dalam beaya tinta, telah kita ketahui bersama bahwa tinta original harganya lebih mahal dari tinta non original dengan kapasitas yang sama.

Perlu kita ketahui juga bahwa unit printer tidak bisa mengenali atau mendeteksi tinta yang digunakan untuk refill baik itu original atau bukan. Akan tetapi jika kita menggunakan tinta ORIGINAL hal ini akan lebih aman, unit printer bisa lebih awet, print head juga lebih awet. 


Hal-hal yang perlu kita perhatikan apabila kita memutuskan untuk mengganti tinta original Epson dengan menggunakan tinta biasa :
  • Kita harus yakin tinta merk lain yang mau kita pakai itu memiliki kualitas yang bagus.
  • Selalu gunakan merk yang sama (jangan sering gonta ganti merk tinta), untuk ke awetan Print head kita, karena setiap merk tinta mempunyai tingkat kekentalan yang berbeda-beda.
  • Kecerahan warna hasil cetak tinta non original juga harus tetap bagus atau mendekati tinta original
  • Sering memakai printer untuk mencetak, saran saya pakai printer anda seminggu minimal dua kali, walau sekedar untuk print test page untuk menjaga Print Head tetap basah dan tidak kering.
(Baca juga : Cara Mengatasi Printer Epson T1100, 1390, L1300, dan L1800 Lambat Dalam Mencetak)

Demikianlan Kesimpulan dari hasil analisa para pakar printer tentang boleh atau tidaknya ketika kita memiliki niat untuk beralih dari tinta original epson yang harganya mahal ke tinta non original yang harganya lebih ekonomis. Semoga tulisan saya pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat dokter printer semuanya. Sekian dari saya dan terima kasih banyak atas kunjungannya ☺

Buka Komentar
Template By Muh Akram