Cara Berhasil Mengatasi Printer Canon E400 Paper has Run Out (Support code : 1000)

Bismillah, assalamu'alaikum,,,,selamat malam sahabatku semuanya, gimana kabar kalian? semoga kalian selalu dalam rahmat dan lindungan allah subhanahu wata'ala, Amiin. Pada kesempatan malam hari ini tanggal 20 November 2016 saya akan share kepada anda semua yaitu tentang 'Cara Berhasil Mengatasi Printer Canon E400 Paper has Run Out (support code : 1000)'. Jika anda adalah pengguna dari printer Canon seri E400 dan saat ini kebetulan sedang mengalami masalah paper jam, paper has run out, kertas tidak bisa narik maka anda sangat beruntung sekali bisa kesasar (Baca : Nyungsep ☺) di blog saya ini (hehehe), karena disini insya allah anda akan menemukan solusinya, So dibaca terus artikel ini sampai akhir yach sob....

Pada postingan sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang cara memasang tabung infus pada printer canon E400 dan pada kesempatan ini saya akan membahas cara mengatasi trouble paper has run out pada printer Canon E400. Sama seperti printer-printer canon lainya Canon E400 juga tidak luput dengan yang namanya masalah, dan hal ini adalah wajar. Jadi ketika anda mengalami hal ini sebaiknya anda tenang, tidak usah panik, rileks sehingga pikiran anda bisa encer dan bisa memahami permasalahan yang timbul.


Indikasi Awal
Indikasi dari permasalahan printer yang akan kita bahas ini adalah ketika anda menghidupkan printer canon E400, printer bisa nyala dan bisa standby normal, akan tetapi masalah baru kelihatan ketika kita memerintahkan printer untuk mencetak sebuah dokumen. Ketika printer ini hendak melakukan proses pencetakan tiba-tiba kertas tidak mau narik, cuma terdengar bunyi roll yang sedang berputar-putar seakan-akan hendak menarik kertas akan tetapi kertas tidak bisa masuk dan akhirnya printer error kedip-kedip alarm dan kalau kita perhatikan dilayar monitor atau lcd maka disana akan muncul keterangan support code : 1000, paper has run out dan sejenisnya. Kita mencoba berulang-ulang masalah tetap sama seperti itu terus.

Cara Mengatasi
Sebelum kita melangkah ke cara mengatasinya, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa permasalahan diatas terjadi karena kerja roll atau mekanik pada penarik kertas tidak bisa bekerja dengan normal (Baca : Ada sesuatu yang janggal). Untuk mengatasi hal itu maka mau tidak mau kita harus melakukan pembedahan pada printer untuk mengecek mekanik printer, karena sebagaimana pengalaman yang sudah-sudah biasanya hal ini terjadi karena ada benda asing masuk dan mengahalangi kertas, sensor rusak, roll patah, dan sebagainya. Maka saya sarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini :
  1. Buka printer Canon E400 anda dengan hati-hati. Berikut ini video panduannya, semoga bisa bermanfaat.
  2. Cek Mekanik bagian Sensor dan Roll printer. Lihat apakah disitu ada benda atau kotoran yang membuat mekanik tidak bekerja dengan sempurna. Bila ada silahkan ambil dan bersihakan.
  3. Sensor Printer Trouble. Coba anda ganti sensor baru atau bisa dengan kanibalan yang kita yakin masih bagus.
  4. Cek Plastik sensor yang ada pegasnya bentuknya kecil warna hitam. Kalau sudah Aus ganti dengan yang baru.
  5. Cek Karet Roll. Karet ini fungsinya untuk menarik kertas, jika Karet ini sudah tipis biasanya kerta sulit bahkan tidak bisa menarik kertas. Kalau sudah tipis silahkan ganti karetnya dengan yang baru.
  6. Langkah Terakhir Anda Cek Mekanik Roll dan Perhatikanlah ada mekanik yang patah apa tidak kalau ada ganti mekanik yang patah dengan yang baru atau kenibalan yang masih bagus.
Berikut ini adalah gambar bagian-bagian Printer yang perlu anda cek ketika printer mengalami paper jamm :

 Seonsor Kertas


Sensor Plastik


Roda Roll


Karet Penarik Kertas

Demikianlah Cara mengatasi Printer Canon seri E400 mengalami masalah paper has run out atau paper jam. Semoga apa yang saya tulis pada kesempatan malam hari ini bisa bermanfaat, akhirnya saya harus undur diri dulu, sampai jumpa lagi di Tips and Trik berikutnya dan terima kasih banyak atas kunjungan anda ☺.

Buka Komentar
Template By Muh Akram