Review Printer Dot Matrix LX310 dan Harganya di Bulan September 2016

Bismillah, Assalamu'alaikum...hai gimana kabar anda semua sahabat setia blog dokter printer? semua sehat kan? mudah2an begitu ya..., Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada pembaca sekalian 'Review Printer Dot Matrix LX310 dan Harganya di Bulan September 2016. Printer Dot Matrix adalah printer Classic yang melegendaris, printer ini telah muncul pada jaman jaulak dan sampai saat ini masih saja terpakai dan masih menjadi barang penting dan bahkan wajib bagi sebagaian orang yang mempunyai sebuah usaha pertokoan, mini market dan perkantoran. Saya yakin anda tidak asing lagi dengan printer dot matrix, karena printer ini sering dipakai di toko-toko, kantor BPR, BANK, kantor pelayanan BPJS dan masih banyak lagi.

Printer Epson selama ini memang dikenal mempunyai reputasi yang baik dalam produk-produk printernya. Dan kini seiring dengan perkembangan jaman produsen yang satu ini serius menekuni pembuatan printer untuk berbagai kebutuhan. Hal itu dibuktikan dengan pihak epson telah memperkenalkan lagi printer dot matrix terbaru kelas menegah yang mereka namai Epson LX310. Iya memang di pertengahan tahun 2013 epson memperkenalkan 2 varian printer dot matrix versi terbaru yaitu Epson LX-310 dan LQ-310 dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Epson LX310.

(Baca juga : Kerusakan yang sering Terjadi pada Printer Epson LX-300, LX300+II dan Cara Mengatasinya)

OVER VIEW
Printer Epson LX310 ini pada awal kemunculannya memang ditujukan untuk menyasar pasar tingkat rendah dan tingkat menegah industrial. Berbeda sekali dengan saudara tuanya yang memang di design untuk high industrial dan dilengkapi dengan fitur yang lebih mampuni dengan.

Printer Epson LX310 ini dilengkapi dengan fitur data buffer sebesar 128kb kecepatan ini tentu saja akan 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Untuk head print printer ini bekali dengan 9 pin untuk alat mencetak karakter setiap harufnya. Walau begitu printer ini hampir tidak ada bedanya dengan printer LQ-310 dalam hal mencetak huruf, dan perbedaan ini akan terlihat ketika digunakan untuk mencetak gambar. Printer LX310 ini mempunyai kecepatan cetak 357 karakter/huruf per detik dan hal ini 40% lebih cepat dibandingkan dengan para pendahulunaya LX-300, LX300+, LX300+II.

Tak hanya kecepatan dan hasil print saja yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan pendahulunya, Pihak Epson juga mengklaim bahwa LX310 ini memiliki realibilitas sebesar 67% diatas seri atau model sebelumnya. Dengan perpaduan kecepatan dan hasil print yang bagus, kemudian didukung dengan reabilitas yang tinggi, membuat printer ini mampu membantu back-office pada perusahaan secara efektif.

Pada saat ini printer dot matrix masih banyak di minati oleh perusahaan, karena reabilitas tinggi dan beaya operasional juga murah dan terjangkau. Selain itu printer dotmatrix mempunyai kelebihan yang tidak ada pada printer model inkjet dan printer laser, yaitu kemampuan untuk mencetak menggunakan kertas NCR atau carbo copy maupun cetak rangkap.

Spesifikasi Printer Epson LX-310
Review Printer Epson LX-310 ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah gambaran detail tentang Epson LX-310 di karenakan tidak ada atau jarang sekali artikel yang mereviewnya secara detail dan lebih mendalam. Rasa-rasanya kurang lengkap jika ingin mengupas Epson LX-310 lebih dalam tanpa mengetahui fitur-fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh Epson LX-310 :

Review LX-310 dari sisi Fitur dan Spesifikasinya 1. Teknologi Cetak (Printing Technology)
  • Metode Cetak
Sudah kita ketahui bahwa printer LX-310 menggunakan metode impact dot matrix, teknologi ini kebanyakan digunakan untuk mencetak nota faktur, surat jalan, tiket, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Jumlah PIN
Jumlah pin adalah faktor utama yang mempengaruhi baik dan kurang baiknya kualitas cetak dari sebuah printer dot matrix. Printer epson LX-310 ini memiliki 9 pin pada print headnya.
  • Print Direction
Yang dimaksud dengan print direction adalah arah cetak sebuah printer, dan printer Epson LX-310 ini menggunakan teknologi Bi-direction seeking, maksudnya printer ini mencetak dari atas kebawah.
  • Control Code
Printer Epson LX-310 ini menggunakan kontrol kode ESC/P, yang artinya standar kontrol yang ada pada printer epson.

2. Kecepatan Cetak
  • High Speed Draft : 390 cps (karakter per detik)
  • Normal Speed Draft : 357 cps (karakter per detik)
  • Slow Speed Draft : 347 cps (karakter per detik)
  • Draft : 223 cps (karakter per detik)
  • NLQ :56 cps (karakter per detik)

Kelebihan dan Kekurangan Epson LX-310
Kelebihan Epson LX-310
  • Kecepatan proses Cetak yang tinggi
  • Kecepatan cetak tinggi
  • Masa hidup yang lama
Kekurangan Epson LX-310
  • Control kode yang lama
(Baca juga : Cara Service Printer Dot Matrix Macet dan Pita Robek)
    Harga Printer Epson LX-310
    Printer ini di bulan September 2016 di banderol dengan harga kisaran Rp.2.100.000, dan harga ini bisa berubah ubah sesuai dengan kurs dollar dan kebijakan toko penjual. Untuk mendapatkan harga terbaik silahkan anda hubungi toko-toko online yang menyediakan stock unit diatas karena di blog ini hanya memberikan informasi saja tentang unit printer dan tidak menjualnya.

    Demikianlah Hasil review printer Epson LX-310 semoga bisa memberikan manfaat bagi anda semuanya. Akhirnya sekian dari saya dan terima kasih atas kunjungannya :)

    Buka Komentar
    Template By Muh Akram