Tehnik Menulis Artikel yang SEO Friendly Terbaru, dan Terbukti Berhasil

As-salamu'alaikum, Selamat sore sobat dumai, mempunyai sebuah blog dengan pengunjung ribuan per hari  bisa dirasakan oleh para blogger, dengan catatan mereka mau belajar tehnik menulis artikel yang SEO Friendly. Iya, dikarenakan saat ini google baru giat-giatnya melakukan pinalti pada berbagai blog dengan artikel yang miskin ilmu dan manfaat di dalamnya, yang isinya hanya kata kunci atau keyword saja dan sama sekali tidak untuk tujuan pengetahuan. Pada dasarnya, ada banyak sekali faktor yang dapat membuat sebuah blog bisa masuk dihalaman pertama google, kalau dahulu pertimbangannya adalah backlink, akan tetapi sekarang tidak lagi, karena artikel yang dianggap sebagai Jawaranya trik seo mulai mendapatkan perhatian khusus oleh algoritma google. Inilah yang akan jadi perbincangan saya di sore ini, semoga hal ini bisa menjadi bahan belajar buat semua sobat blogger. 
Ketika kita mengambil keputusan untuk fokus menulis sebuah artikel yang tergolong tinggi pencariannya di search engine google bisa saja kita ambil, hanya saja untuk bisa rangking 1 (satu) dibutuhkan banyak trik dan juga kerja keras kita, sebab ada ribuan bahkan jutaan blogger yang berpikiran sama dengan kita yang juga menginginkan menguasai halaman depan di mesin pencari, yakni ranking 1, atau minimalnya 3 besar lah. Nah, untuk bisa memenangkan persaingan maka perhatikan beberapa tips penting soal bagaiamana cara menulis di blog yang baik, dan berikut ini caranya.

Teknik Cara Menulis Artikel di Blog yang SEO Friendly dan Mudah Masuk Halaman Pertama Google

Judul diatas merupakan kata kunci panjang yang paling sering diketikkan para blogger newbie di mesin pencari yang tujuan mereka adalah untuk meningkatkan trafik/jumlah kunjungan per hari diblog/website mereka dan untuk mewujudkannya dibutuhkan beberapa optimasi dibagian berikut ini

1.  Riset Kata Kunci

Paham cara menulis yang baik dan SEO untuk blog belumlah cukup, karena buat apa misalnya kita menulis kemudian dapat halaman 1 di google tetapi ternyata tema tulisannya tidak ada yang mencarinya, sebagai misal saja hanya dicari 5-10 kali dalam sebulan. Untuk itu, saya sarankan, sebaiknya pilihlah yang kata kunci yang dicari minimal 5000 kali dalam sebulan. Alat yang biasa dipergunakan adalah Google Adwords Keyword Planner. Dengan menggunakan tools ini maka kita bisa dengan mudah mengetahui persis berapa kali satu kata kunci diketikkan di google search serta bagaimana level pencariannya, apakah rendah, sedang atau tinggi. Selain itu, bagi anda yang blognya sudah terpasang Iklan Adsense juga bisa tahu berapa perkiraan harga per klik dari kata kunci tersebut sehingga dapat membantu anda dalam meningkatkan jumlah penghasilan per harinya.
Walau bagaimana pun, sebelum melakukan optimasi kata kunci dan artikel maka memilih template seo friendly juga jadi faktor utama dalam menaikkan ranking artikel di search engine, karena sebelum algoritma membaca artikelnya maka terlebih dahulu akan membaca struktur templatenya terutama dalam masalah penataan tag heading yang merupakan rahasia dibalik semua kesuksesan tersebut. Untuk itu, setelah kita mengetahui rahasianya, kita juga dituntut tau cara mengganti template blog.

2.  Perbaiki penulisan judulnya

Banyak kita jumpai para blogger yang belum paham sama sekali soal seo menulis judul postingannya, tanpa mempertimbangkan kata kunci di dalamnya. Oleh karena itu saya sarankan saat menulis artikel untuk memperhatikan beberapa trik ini:
  1. Mendahulukan peletakan kata kunci di awal kalimat, Ini bisa meningkatkan kemampuan bersaing dibanding yang meletakkannya di bagian akhir, terutama yang menggunakan blogspot yang mana sering kali url-nya otomatis disingkat karena terlalu panjang.
  2. Hindari menggunakan judul yang mirip dengan artikel sebelumnya, misalnya perbedaan hanya ditambahkan angka atau satu kata setelahnya, ini merupakan trik seo terbaru dalam menulis artikel, karena faktanya, banyak blog yang akhirnya harus rela kehilangan hingga 50% trafik blognya dikarenakan judul artikelnya dianggap nyepam. Solusinya adalah cukup ketikkan kata utamanya saja  sedang penjelasan lainnya masukkan pada kalimat pertama pada paragrah awal.
3.  Perhatikan jumlah karakter artikelnya
Dan memang algoritma google saat ini selalu memenangkan artikel dengan jumlah suku katanya paling banyak, saya bisa memberikan beberapa bukti konkrit dari hasil penelitian dibeberapa situs master SEO berikut:
a.  The Moz Blog
Mereka menyebut ini dengan istilah Worthy Post yakni artikel yang kaya ilmu di dalamnya dimana dari grafik yang ditunjukkannya bahwa artikel dengan jumlah kata minimal 500 selalu mudah ditemukan di mesin pencari. Google saat ini tidak lagi menjadikan backlink sebagai satu-satunya faktor yang menyebabkan sebuah artikel bisa berada di halaman depan google search. Sebuah web besar pernah sempat membeberkan rahasia sebenarnya faktor yang bisa menjadikan sebuah blog menduduki ranking 1 ada sekitar 200 algoritma, banyak sekali kan sob? Jadi ngapain mati-matian nyepam kalau faktanya bukan cuma itu yang bisa bikin blog nongol di halaman 1.

b.  serpIQ Blog
Situs ini juga menunjukkan kesimpulan yang sama dari grafiknya tetapi dengan jumlah kata yang disebutkan, mereka menyatakan bahwa artikel yang dipersenjatai di atas 500 kata selalu menempati 10 besar di dalam pencarian Google. Lagi-lagi master SEO ini menyatakan bahwa artikel adalah jawara dari semua faktor yang dapat menghadiahi artikel anda Rank #1 di Google. Tapi walau demikian, saya tetap menyarankan bahwa kesederhanaan harus selalu ditekankan, jangan sampai karena ingin semua artikel yang anda tulis panjang semua hingga akhirnya lambat laun malah menjadikan malas blogging. Pada prinsipnya trik  ini dilakukan jika pesaingnya memang kelas kakap, tapi kalau data dari Adword Keyword Planner saja menyebutkan bahwa tema tersebut ‘rendah’ pesaingnya maka cukup menulis secara sederhana  untuk masuk halaman pertama pencarian.

4.  Memberikan perhatian penuh pada Paragraf pertama

Banyak sumber menyebutkan bahwa jika ingin menulis dengan teknik seo yang baik maka salah satunya  mengusahakan kata kunci disertakan pada 100 kata pertama sebuah artikel, atau paling tidak ada antara kalimat pertama dan kedua. Anda pun juga bisa melakukan riset untuk ini, coba saja ketik sebuah kalimat di google, maka yang masuk halaman pertama selalu menunjukkan cetak tebal pada paragraf pertamanya yang terdapat pada judulnya. Mungkin anda juga menemui beberapa blog yang pada paragraf terakhirnya diberikan cetak tebal atau bold juga, ini bisa saja dilakukan tapi alangkah baiknya jangan terlalu berlebihan dalam memberi bold pada kata atau kalimat yang sama karena akan menimbulkan kecurigaan dari ‘laba-laba’ google.

5.  Latent Semantic Indexing (LSI)

Teknik bagaimana cara menulis artikel yang SEO Friendly berikut ini bisa dibilang paling joss gandhoss… dalam menarik perhatian google supaya memberi kita ranking yang baik, dan apabila di-bahasa-Indonesia-kan ini bisa kita artikan dengan kelompok kata atau suku kata yang memiliki kesamaan atau relevansi dengan keyword yang dibidik, atau ini bisa juga diartikan dengan sinonim atau kata yang mempunyai topic yang sama. Anda kemungkinan tidak akan menemukan tips ini di blog lainnya, apalagi yang hanya nebeng posting soal tema ini, karena ini sebenarnya hanya dilakukan oleh mereka Master blogger, terutama yang dari luar negeri. Saya sendiri sudah pernah melihat video pernyataan langsung dari google mengenai pengaruhnya dari trik ini. Sebelum menulis artikel maka usahakan lakukan hal ini, caranya dengan  mengetikkan di search engine judul yang akan kita tulis, nah lihat di bagian paling bawah, setelah 10 blog yang nongol di halaman pertama, ada beberapa alternative pencarian kan, nah itulah yang anda catat dan usahakan dimasukkan secara acak pada paragraf artikel anda, tetapi jangan sampai mengulang terlalu banyak karena akan menimbulkan efek sebaliknya.

6.  Melakukan Optimasi dengan Backlink

Walaupun algoritma google diupdate ribuan kali tetap saja yang namanya backlink selalu menjadi perhatiannya meskipun mungkin porsinya saja yang dikurangi atau diperketat. Saya menyarankan untuk memberi tautan ke halaman yang telah di tulis dengan link yang ber-pagerank, tapi ingat! Jangan terlalu berlebihan, anda bisa menjadwalnya dalam rentang sehari 3 link saja, besok dan seterusnya lanjutkan lagi dengan anchor text yang bervariasi. akan lebih baik lagi jika mencari backlink yang ada dalam artikel, bukan komentar, karena menurut release dari Google sendiri bahwa mereka sekarang banyak memberikan penalty pada jutaan blog yang melakukan spam dengan jalan berkomentar, untuk itu mulai dari sekarang hentikan tindakan seperti itu. Lebih baik 1 backlink tapi berkualitas, yakni tautan dalam artikel, dari pada punya ratusan tetapi semua tidak berkualitas. 

7.  Amati teknik SEO Pesaingmu
Mungking bisa jadi semua teknik menulis artikel SEO yang disebutkan di atas sudah anda lakukan,tetapi bila blog lain menerapkan teknik lain dari hasil eksperimennya dan ternyata berhasil peringkat 1, maka tak ada kata tidak, Anda harus mengamati dan menganalisa apa saja rahasia dibalik teknik yang ia lakukan. Caranya dengan memperhatikan tehniknya menulis, terutama bagaimana kalimatnya disusun, peletakan kata kunci dalam artikel, seberapa banyak pengulangan keyword dalam artikelnya dan lain sebagainya yang mana bisa jadi walau mungkin sepele kelihatannya tapi jadi pemicu peringkatnya bisa lebih baik dari blog anda.

Alternatif lain selain SEO

Apbila SEO adalah usaha untuk menarik perhatian mesin pencari agar memberi peringkat yang bagus yang tujuan akhirnya adalah trafik yang tinggi, jadi seandainya anda belum berhasil pada teknik itu maka berpikirlah untuk melakukan bagaimana cara jitu yang bisa mendatangkan banyak pengunjung blog tanpa harus lagi berpikir soal cara menulis artikelnya. Lantas teknik sepeti apakah yang dimaksud? dia adalah Sosial Media atau jejaring sosial. Siapa sich yang tak mengenal Facebook dan Twitter dan pastinya anda juga sudah tahu kalau pengunjung dari situs tersebut bisa jutaan dalam seharinya. Nah, seandainya anda bisa mendapat trafik dari sana maka walau rata-rata ranking dari blogmu tidak masuk halaman awal Google tentunya jumlah pengunjung website anda tetap akan meningkat. Caranya adalah, pertama dengan berusaha mempunyai akun sosial media yang memiliki banyak like atau follower kemudian setelah itu setiap kali habis posting sempatkan share artikel anda di sana disertai dengan deskripsi singkat supaya orang tau dan berharap mereka mengunjunginya. Bayangkan saja jika anda bisa punya raturan ribu follower dan anda mendapat 15% trafik saja dari sana maka pengunjung blog anda sudah pasti akan tetap banyak setiap harinya, belum lagi ditambah dari pencarian secara organik di Google.

Demikianlah tulisan saya pada pada sore hari ini tentang Tehnik menulis artikel yang SEO Friendly, semoga bisa memberikan manfaat bagi sahabat blogger semunaya, sekian dan terima kasih atensinya dan saya ucapakan selamat mencoba :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram