Cara Service Printer Dot Matrix Macet dan Pita Robek

Bismillah, As-salamu'alaykum..selamat malam sahabat dokter printer, pada kesempatan malam ini saya akan share tentang 'Tips atau Cara Service Printer Dot Matrix Macet dan Pita Ribbon Robek'. Apakah anda pengguna printer dok matrix? sudahkah anda mengalami yang namanya printer ngadat atau macet ditengah aktivitas print dan terkadang pita ribbon robek? Jika mungkin saat ini anda sedang mengalami masalah tersebut dan anda sedang searching atau mencari-cari cara bagaimana untuk mengatasinya, maka anda sangat beruntung sekali bisa terdampar di blog mungil ini. Kenapa? karena disini saya akan bagikan trik bagaimana cara mengatasinya lho, anda mau? Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya...
(Baca juga : Kerusakan yang sering Terjadi pada Printer Epson LX-300, LX300+II dan Cara Mengatasinya)

Perlu untuk kita ketahui, bahwa pada umumnya printer dot matrix di indonesia kita tercinta ini masih di dominasi oleh merk EPSON. Karena printer ini sudah menjadi primadona-nya printer dot matrix, kenapa bisa begitu, karena printer ini menyediakan spare part yang banyak dan tersebar di toko-toko part printer.

Berikut ini langkah-langkah Cara mengatasi Printer Dot Matrix Macet
  1. CEK KONDISI PRINTER,  Sebelum kita melakukan pembongkaran printer alangkah baiknya anda cek dulu printer dengan cara membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada alur pergerakan head, bersihkan jika dirasa ada benda asing yang mengganggu pergerakan dari head, kemudian berikan minyak pelumas. Kemudian ketika Printer dot matrix kita macet disertai pita robek maka anda cek juga 'Ribbon Mask', apakah ada yang cacat atau tidak jika ada maka lakukan penggantian.
    Ribbon Mask
  2. CEK SILINDER HEAD, Setelah anda selesai melakukan langkah diatas dan printer tetap saja macet maka pengecekan selanjutnya kita arahkan ke bagian 'Silinder Head'. Coba anda amati pada silinder head apakah ada goresan-goresan kasar atau mungkin karatan? kalau ada maka bongkar printer dot matrix anda dan ambil silinder headnya kemudian gosok dengan menggunakan kertas gosok yang agak kasar, ingat sebelum anda menggosoknya anda teteskan dulu minyak singer pada silinder dan kerta gosoknya. Gosok secara perlahan, ketika dirasa sudah cukup maka pasang silender kembali dan lakukan test print.
  3. CEK RIBBON DRIVER, Setelan langkah kedua diatas belum menemukan hasil dan printer masih mengalami 'MACET', maka langkah berikutnya adalah anda cek ribbon dribernya. Ribbon driver ini terletak disamping kiri dari printer, biasanya terdiri dari kumpulan beberapa 'GEAR' kecil yang berfungsi untuk menggerakkan tali timing bel. Jika salah satu dari gear tersebut ada yang rusak atau sudah halus permukaannya maka bisa dipastikan gear tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan mengakibatkan  printer akan macet. Jika kita temui ada yang aus maka anda lakukan penggantian dengan yang bagus.
  4. CEK MOTOR VERTIKAL ATAU STEPER, Setelah ketiga langkah diatas belum juga berhasil maka, kita melakukan pengecekan di bagian 'Motor Vertikalnya'. Motor Vertikal atau steper ini bertugas sebagai penggerak dari head yang diatur oleh IC pengolah data, jika motor ini trouble biasanya ditandai dengan bunyi 'beeb' dan lampu led berkedip-kedip.
Steper
Demikianlah Alur cara mengatasi printer dot matrix yang mengalami kerusakan macet dan disertai pita ribbon robek, semoga apa yang saya tulis malam ini bisa bermanfaat dan membantu permasalahan yang sedang anda hadapi. Akhinya sekian dulu tulisan dari saya, terima kasih banyak atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi di Trik and Tips dokter printer selanjutnya.. :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram