Langkah-langkah Memperbaiki Printer Canon MP237 Mati Total

Bismillah, assalamu'alaykum...., Pada kesempatan pagi ini melalui dokter printer saya akan membagikan trik lagi kepada sahabatku semuanya, yaitu tentang cara mengatasi atau langkah-langkah dalam mengatasi printer canon MP237 yang mengalami masalah mati total (matot). Jika anda pengguna dari printer ini dan kebetulan sedang mengalami masalah mati total, alhamdulillah beruntung anda bisa terdampar di blog saya ini (he he he..). Kenapa? karena disini saya akan berbagi ilmu tentang cara memperbaikinya. Jika anda ingin tau anda harus membaca tulisan saya ini sampai akhir dan penuh kesabaran biar mudah dalam memahami dan mempraktekkanya nanti.

Printer Canon adalah ciptaan manusia yang tidak luput juga dengan yang namanya kematian, karena didunia ini tidak ada yang kekal abadi, betul? beda antara kamu dan printer ini adalah ketika kamu mati kamu akan dikubur dan akan selesai, dia tidak dapat lagi kembali hidup didunia untuk yang kedua kalinya, akan tetapi berbeda dengan printer ini, printer ini kalau mati maka dia masih mempunyai kesempatan untuk kembali hidup dan memperbaiki amal-amalnya (he he he). Maka bagi manusia hidup itu cuma sekali, maka pergunakanlah usia dimana anda sedang hidup di dunia ini untuk diisi dengan sesuatu yang bermanfaat, berbagi, berkarya, menuntut ilmu, (malah ceramah). Okey kalau begitu yuk langsung saja kita KTP....

Apabila Kita mempunyai printer canon mp237 yang sedang mengalami masalah mati total, jangan terburu-buru untuk membeli printer baru. Karena printer ini masih bisa diperbaiki kog kawan. Anda ingin tau caranya? Oke ikuti langkah-langkah yang akan saya ajarkan berikut ini. Disini kita akan melakukan analisa terhadap printer dimulai dari yang paling mudah berurutan hingga ke tingkat yang paling sulit. yaitu sebagai berikut ini :
  1. Untuk printer mati total langkah pertama yang perlu anda perhatikan adalah coba anda cek sumber arus listrik PLN, pastikan apakah sumber listrik ada atau tidak? cek menggungakan taspen/bisa juga menggunakan multiteseter.
  2. Setelah langkah pertama kita pastikan sumber arus listrik ada dan printer tidak hidup, maka langkah selanjutnya adalah anda cek kabel power printer dengan multi tester dengan Omh atau bisa juga dengan menggunakan kabel lain/cadangan yang masih bagus.
  3. Kemudian setelah langkah yang kedua kita pastikan kabel power dalam kondisi normal tapi printer tetap belum bisa nyala, maka langkah yang berikutnya adalah dengan kita mengecek adaptor/power suply yang ada dibawah printer. Yaitu kita ambil dengan menggunakan obeng Min (-) dan ganti dengan adaptor yang baru atau kenibalan yang masih bagus.
  4. Langkah berikutnya ketika cara diatas belum juga menemukan hasil, maka pencarian kita selanjutnya adalah dengan mengecek sklar ON/OFF printer. Cek dengan menggunakan multi tester, jika rusak makan ganti dengan yang baru atau bagus.
  5. Apabila dari keempat langkah diatas tetap masih tidak berhasil juga makan bisa dipastikan mainboard dari printer mp237 kita short/rusak. Untuk memperbaikinya dibutuhkan keahlian khusus dan ketelitian serta kesabaran. Dibawah ini saya akan sedikit memberikan gambaran cara memperbaiki mainboard printer sesuai dengan pangalaman saya dilapangan.
CARA MEMPERBAIKI MAINBOARD MP237 SHORT/RUSAK.

  1. Bongkar printer dengan membuka kab belakang dengan melepas dua baut kemudian dilanjutkan membuka penutup panel atas bagian ON/OFF, lalu buka penutup samping dimana letak mainboard berada. Selanjutnya ambil mainboardnya.
  2. Perhatikan gambar mainboard diatas. Angka yang tertera pada gambar adalah urutan langkah yang akan kita lakukan.
  3. Pertama cek fuse/sekering di mainboard, cek dengan menggunakan multi tester. Jika ternyata putus makan lakukan penggantian dengan part yang baru, namun jika ternya fuse bagus maka langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa dioda yang saya lingkari dan saya kasih nomor dua. Untuk mengecek komponen ini anda harus melepasnya terlebih dahulu dari papan board kemudian cek dengan menggunakan multi tester. Stel multi tester pada setingan omh dan cek dengan membolak balikkan probe/ujung multi tester ujung part dioda. Jika kita cek jarum bergerak kemudian kita balik jarum diam, maka diaoda dalam keadaan bagus. Akan tetapi jika kedua-duanya bergerak berarti dioada rusak dan perlu dilakukan penggantian dengan yang bagus.
  4. Langkah terakhir yang menjadi biang dari wafat nya printer ini adalah IC besar dengan banyak sekali kaki-kakinya ini seperti ditunjukan pada gambar dengan nomer 3. Untuk langkah ini harus dilakukan oleh ahlinya tidak semua orang bisa karena membutuhkan ketengan, ketelitian dan kesebaran yang tinggi.
  5. Jika Langkah-langkah diatas tetap tidak membuahkan hasil, disini saya sarankan untuk mainboard anda dil LEM BIRU (lempar beli yang baru, he he he...).
Demikian Cara/trik cara mengatasi printer canon MP237 versi dokter  printer. Semoga apa yang saya tulis dipagi bulan romadhon ini diberkahi bisa membantu, dan memberikan manfaat. Akhirnya penulis undur diri dan sampai jumpa lagi di trik-trik dokter printer selanjutnya. Terima kasih.... :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram