Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Assalamu'alaikum...., Selamat malam mas, mbak, pakde budhe, akhiy wa ukhtiy, gimana kabar kalian semuanya? semoga senantiasa diberikan kesehatan, dilapangkan rizki, dan senantiasa dalam lindungan_Nya, Aamin. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang Cara Merawat Katrid Printer Agar tetap awet dan tidak cepet rusak. Pepatah mengatakan 'Luweh Becik Nyegah Katimbang pengobatan'. Kenapa? karena ketika printer atau katrid printer kita rusak maka untuk mengatasinya terkadang hampir sama dengan kita membeli printer baru, betulkan?

Oleh karena itu kita harus bisa merawat printer atau mengetahui prosedur penggunaan printer yang benar dan aman, sehingga umur dari printer kita lebih awet dan tahan lama. Sebenarnya cara merawat printer agar tetap awet sangat mudah sekali, anda cukup meluangkan sedikit waktu saja untuk hal itu. Disini saya kan menjelaskan tipsnya, sehingga dapat membantu anda menjaga umur printer jadi lebih lama dan secara otomatis akan meminimalisir dari beaya operasional kita. Langsung saja kita ke TKP yuk.....

KIAT-KIAT DALAM MERAWAT PRINTER
  1. Pakai printer secara teratur dan berkala minimal 1 minggu dua kali walau cuma sekedar test print saja. Permasalahan yang sering kita dapati adalah kwalitas hasil cetak yang buruk, ada garis putih melintang, warna yang hilang atau bahkan mungkin tinta tidak keluar sama sekali. Dengan pemakaian secara teratur dan berkala maka hal ini akan menjaga dari hal-hal tersebut diatas, kenapa? karena dengan pemakaian secara teratur kita dapat menjaga head katrid tetap basah dan tidak kering sehingga dapat mencegah head katrid buntu, dan ketika nozzle katrid ini kering dan terjadi pengerakkan maka biasanya head katrid akan rusak. Kalau head sudah rusak maka tidak ada jalan lain kecuali dengan mengganti katrid dengan yang baru. dengan kita membiasakan memakai secara berkala maka kita akan mengirit puluhan US Dollar. TIPS : Jika anda sering lupa maka cara berikut ini mungkin bisa membantu, yaitu dengan kita membuat Tulisan dan kita tempelkan di depan layar monitor anda untuk senantiasa melakukan test print setiap 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.
  2. Jika kebetulan printer anda adalah model infusan, maka perhatikan tinta ditabung, jangan sampai tinta kehabisan sehingga tidak sampai suplay tinta dari tabung ke katrid atau head. kalau hal ini terjadi maka katrid akan mudah rusak atau Aus.
  3. Jaga kebersihan printer. Yaitu dengan membersihkannya secara berkala dan biasakan tutup kap petutup atas jika tidak terpakai supaya tidak kemasukan benda-benda luar atau debu.
  4. Jangan menggunakan kertas kotor untuk melakukan pencetakan, jika anda tidak memperhatikan ini maka mekanik dari printer seperti roller akan cepat kotor dan rusak karena menampung kotoran-kotoran kertas yang berjalan melewati roller.
  5. Matikan printer sesuai prosedur, yaitu dengan menekan tombol power ON/OFF. INGAT jangan sekali-kali mencabut kabel power dalam kondisi printer kita masih dalam keadaan hidup atau menyala. Karena dengan kita mencabut kabel power langsung posisi katrid tidak berhenti di tempat bantalan katrid yang dapat menjaga head katrid tetap basah.
  6. Jika tidak terpakai dan printer sudah kita matikan dengan cara prosedur yang benar maka tutup penutup printer dan cabut kabel power dari arus listrik PLN. Hal ini untuk mengantisipasi jika hujan dan ada petir biar tidak ikut tersambar/tersengat.
Demikanlah Cara-cara merawat printer agar awet dan tidak cepat rusak ala dokter printer. Semoga apa yang saya tulis di malam ini bisa bermanfaat bagi sahabat dokter printer semuanya. Akhirnya saya undur diri dulu dan sampai jumpa lagi di trik-trik dokter printer berikutnya. Terima kasih.... :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram