Cara Mengatasi Printer Epson L220 Mati Total Lengkap dan Detail

Bismillah, as-salamu'alaikum...dikesempatan pagi bulan romadhon 1437 ini saya akan menulis sebuah artikel yang membahas tentang Cara mengatasi printer epson L220 mati total. Banyak sekali diantara kita mungkin ketika mengalami masalah ini kemudian panik, bingung dan terburu-buru untuk dibawa ke service printer, padahal masalah ini terkadang masalah ringan atau sepele saja dan tidak separah apa yang kita bayangkan. Kalau anda pengguna dari printer ini yaitu L220 ketika mangalami mati total maka anda jangan panik dulu, dikarenakan ketika kita panik maka akal kita akan buntu, dan tidak bisa berfikir jernih, padahal kalau kita agak rileks sedikit kita akan bisa berfikir dan mencoba untuk menganalisanya terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk membawa printer kita ke bengkel printer atau lainya.

Masalah printer mati total itu banyak sekali faktor penyebabnya, dan disini saya akan menjelaskan faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya masalah printer jadi mati total secara lengkap dan detail. Dengan tulisan saya ini diharapkan anda akan faham dan mengerti sehingga keputusan yang akan anda ambil nantinya bisa akurat dan tentu akan lebih efisien dalam pengeluaran dana operasionalnya. Terkadang masalah mati total itu cuma sepele saja seperti tidak ada arus listrik atau kabel power putus, atau mungkin longgar dan kurang nancap dan masih banyak lainya yang sifatnya ringan dan kita masih bisa mengatasinya sendiri, dengan tambahan pengetahuan yang saya berikan ini mungkin anda akan lebih hemat dalam hal biaya dan waktu.

Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya mati total pada sebuah printer kita memerlukan pengecekan atau analisa dan tentunya juga dibutuhkan kesabaran, analisa ini harus urut mulai dari sumber listrik sampai perangkat yang menerima arus listrik. Berikut ini urut-urutan langkah yang harus anda tempuh ketika printer anda mengalami masalah mati total :
  1. Pastikan ada sumber listrik dari PLN, dengan menggunakn taspen atau bisa juga dengan multitester
  2. Setelah sumber listrik ada dan printer masih mati maka urutan berikutnya adalah dengan mengecek kabel power printer, coba cek dengan multitester dengan settingan Omh dengan kita menghubungkan kedua ujung kabel, jika putus maka ganti dengan kabel yang baru atau bekas tapi yang bagus.
  3. Jika ada sumber listrik dan kabel power printer kita pastikan bagus printer masih mati maka urutan berikutnya adalah dengan mengecek adaptor atau power suply printer, caranya dengan mengganti/meminjam dulu dengan adoptor lain yang bagus, jika dengan mengganti adaptor printer kemudian bisa menyala maka silahkan belikan adaptor, jika masih tetap mati maka lakukan langkah berikutnya.
  4. Cek sklar printer apakah masih bagus atau rusak, jika rusak lakukan pengantian dengan yang baru atau kanibalan yang masih bagus.
  5. Jika dari langkah diatas printer kita belum bisa nyala maka pencarian kita mengarah ke bagian mainboard dari printer dan untuk masalah ini bisa diselesaikan hanya oleh ahlinya, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda mempunyai keberanian untuk mencoba cara memperbaiki mainboard printer yang akan saya ajarkan berikut ini
Jikalau ternyata masalah utama terjadinya mati total adalah dikarenakan mainboard yang rusak maka, langkah berikut ini mungkin bisa membantu anda jika anda seorang pemberani dan siap untuk mengambil resiko, tetapi jika anda tidak yakin maka disini saya sarankan anda untuk membawa printer ke teknisi printer. Berikut langkah memperbaiki mainboard rusak/mati total :
  1. Lakukan pembongkaran printer untuk mengambail mainboardnya dengan cara hati-hati, saran saya jika anda belum terbiasa dan ada keberanian untuk melakukan hal ini maka alangkah baiknya untuk kita foto perbagian supaya ketika kita mau merakitnya kembali tidak bingung dan tidak keliru yang hal itu menjadikan kita kerja berulang kali.
  2. Cari komponen fuse/sekering, biasanya akan ada kode 'F' pada papan mainboard. Cek part tersebut jika putus ganti dengan fuse yang masih bagus.
  3. Cari komponen dioda, biasanya di mainboard akan ada lambang 'D', cek dioda ini dan jika rusak ganti dengan yang masih bagus, dari pengalaman dokter printer komponen inilah yang sering rusak dan menyebabkan printer jadi mati total.
Demikianlah langkah-langkah lengkap dan menyeluruh bagaimana cara mengatasi printer L220 mati total versi dokter printer, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya, jika dirasa ada manfaatnya silahkan share ke temen-temen, sahabat, adik, kakak, tetangga dan lainya. Sekian dari saya dan sampai jumpa lagi pada kesempatan lain di tips and trik dokter printer berikutnya, Terima kasih :)


Buka Komentar
Template By Muh Akram