Cara Mendeteksi Printer Canon 1880,1980 Error dan Cara Untuk Mengatasinya

Pada kesempatan kali ini dokter printer akan posting tentang cara mendeteksi error pada printer canon seri ip1200, ip1300, ip1700, ip1880 dan ip1980 yang mengalami masalah error dan cara mengatasinya. Mungkin bisa kita bayangkan ketika kerjaan kantor, tugas kuliah kita telah jatuh deadline, kemudian eh tiba-tiba printer malah ngambek, atau pura-pura masuk angin, waduh..kan jadi repot, iyakan? padahal hari ini semua harus sudah tercetak dan besok harus sudah terkumpul, gimana nich??.

Maka dengan itu pada kesempatan kali ini dokter printer akan share cara menganalisa kerusakan/errornya dan bagaimana cara penyelesainya, harapanya anda bisa mengatasinya sendiri tanpa harus repot-repot dibawa kedokter, kan lebih efisienkan? Oke langsung saja yuk kita menuju ke pembahasan.

Berikut ini permasalah error yang biasa terjadi dan kita temui pada printer canon seri ip1200, ip1300, ip1700, ip1880 dan ip1980 :
  1. Blink Orange 1x dan Hijau 1x ini menandakan kalau printer ini minta di restart/dimatikan kemudian hidupkan kembali printer.
  2. Blink Orange 2x dan Hijau 1x ini berarti printer mendeteksi kalau tidak ada kertas, atau kertas tidak bisa masuk atau istilah lain paperjump. Solusi pastikan kertas ada dan pastikan tidak ada benda yang asing yang menghalangi jalanya kertas.
  3. Blink Orange 3x dan Hijau 1x, ini adalah kerusakan pada mekanik printer, Coba anda buka cover dan perhatikan kalau ada yang mencurigakan, ada yang nyangkut dst.
  4. Blink Orange 4x dan Hijau 1x, ini indikasi katrid run out untuk mengatasinya lakukan reset katrid dengan cara menekan dan tahan tombol resume selama kurang lebih 1 menit.
  5. Blink Orange 5x dan Hijau 1x, gejala ini menandakan bahwa katrid hitam tidak terdeteksi/recognized. Coba ambil katrid lihat apakah bagian pin ada cipratan tinta? kalau iya coba bersihkan dan pasangkan kembali, apabila tetep tidak mau berarti katrid hitam sudah Tewas silahkan, mandikan, disholati kemudian di kubur (he he..) setelah itu silahkan ganti katrid dengan yang baru.
  6. Blink Orange 7x dan Hijau 1x, indikasi ini biasanya catridge warna bermasalah, coba ambil katrid dan lihat dibagian pin terkena cipratan tinta tidak? kalu iya coba bersihkan dengan tisu dikasih alkohol 70% dan usap dengan pelan sampai bersih,  INGAT jangan diminum itu alkohol yach...ha ha ha.., jikalau tetep tidak mau LEM BIRU kartrid nya ya...., HARUS diFAHAMi jangan beli lem biru kemudian di lem katridnya tapi katrid di lempar kemudan agan beli yang baru.... gitu maksudnye..he he.
  7. Blink Orange 8x dan Hijau 1x, indikasi kalau printer minta untuk direset, untuk cara meresetnya bisa dibaca disini.
  8. Blink Orange 14/15x dan Hijau 1x, masalah ini terjadi biasanya dikarenakan over head pada katrid, cara mengatasinya dengan menggantinya dengan katrid yang normal dulu anda bisa pinjem temen, tetangga, atau pacar...ha ha, kemudian dengan katrid pinjaman tadi lakukan pengeprintnan sekali saja kemudian pasangkan kembali katrid yang lama. Ini pengalaman dokter printer berhasil sil gan...
  9. Blink Orange 16x dan Hijau 1x, hal ini catrid run out, cukup dengan menekan dan tahan tombol resume selama 5 detik kemudian lepaskan. 
Demikianlah itu tadi indikasi-indikasi error pada printer canon semoga bisa dipahami dan bisa dimengerti, akhirnya kita telah berada di akhir tulisan, saya ucapkan selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam sukses....

Buka Komentar
Template By Muh Akram