Cara Ampuh Atasi Printer Canon ip2770 dan ip2870 Error 6000

Selamat malam sahabat dokter printer semuanya, untuk kali ini saya akan share kepada pembaca sekalian tentang permasalahan/trouble shooting yang sering terjadi pada printer canon, dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Untuk malam ini pembahasan dokter printer adalah tentang cara mengatasi printer canon jenis ip2770 dan ip2870 yang mengalami error 6000. Oke langsung saja ya...

INDIKASI AWAL :
Untuk indikasi awal printer canon ip2770, ip2870 atau pada printer canon lainya yang mengalami error 6000 adalah ketika printer kita hidupkan printer ini akan kedip-kedip dan kalau kita coba untuk mencetak sebuah file dokumen makan dilayar lcd/monitor kita akan menampilkan pesan error 6000. contoh pesan error bisa dilihat dari gambar dibawah ini.
lihat gambar

CARA MEMPERBAIKI :
Permasalahan ini muncul di karenakan oleh banyak faktor, untuk itu dibutuhkan analisa untuk mencari penyebabnya. Oke dokter printer akan mencoba memandu anda dalam mencari biang dari munculnya pesan error 6000 ini. Analisa kita mulai dari yang paling mudah dulu sampai ketingkatan yang paling sulit.
  1. Coba anda hidupkan printer dan perhatikan pergerakannya, jika setelah dihidupkan rumah katrid parkir dibagian kanan kemudian muncul pesen error 6000 buka kap penutup printernya.
  2. Setelah kap sudah kita buka coba perhatikan dibagian mekanik roll. lihat apakah ada benda asing semisal sobekan kertas, atau benda asing apapun yang mencurigakan. kalau ternyata ada ambil benda tersebut, kemudian coba printernya. Kalau ternyata masih sama maka lanjutkan baca artikel ini sampai selesai untuk analisa selanjutnya.
  3. Setelah dipastikan tidak ada benda asing didalam mekanik printer kita coba amati apakah ada bagian roll yang patah? kalau ada kemungkinan besar itulah penyebabnya. Mungking kalau patahnya cuma kecil bisa kita modifikasi dengan kita menyambungkanya lagi dengan menggunakan lem alteko atau kita bisa langsung ganti dengan roll yg bagus.
  4. Kalau dengan langkah-langkah diatas permasalahan tetep juga muncul error 6000 tersangka utama adalah anda biang keroknya,,,ha ha ha peace gan....bercanda. Biang keladinya adalah sensor sensor ASF nya bermasalah/rusak coba lakukan penggantian dengan kanibalan printer lain yang masih bagus (INGAT : harus punya sendiri ya? ha ha ha... jangan mafia servisan lain bro... :D) atau langsung ganti dengan sensor yang baru. contoh bentuk sensor ASF adalah seperti gambar dibawah ini.
Demikian share dokter printer malam ini ringkas dengan bahasa gado-gado gakpapa biar lebih mudah dimengerti dan di fahami, semoga artikel ini bisa bermanfaat, karena bisa membantu anda yang dalam kesusahan adalah tujuan saya menulis artikel ini, hanya kepada allah rob semesta alam saja momohon balasanya, akhirnya penulis undur diri dan saya ucapakan selamat mencoba semoga berhasil. Amien...!!!

Buka Komentar
Template By Muh Akram