Cara Ampuh Atasi MP287 Error B200/P10 Dokter Printer

Di malam yang dingin nan sunyi ini tepatnya pukul 12.10 wib dokter printer akan share pengalaman dokter printer siang ini dalam mengatasi Printer Canon MP287 yang mengalami permasalahan Error B200 atau P10. Printer tersebut menampilkan pesan error B200 dikarenakan oleh banyak faktor, dan kebetulan untuk yang dokter tangani kali ini adalah dikarenakan oleh rusaknya mainboard printer. Walau inti pembahasan saya untuk kali ini adalah fokus ke perbaikan mainboard disini saya juga akan memberikan sedikit gambaran atau penyebab lain selain rusaknya mainboard yang menjadikan printer bisa menampilkan pesan error b200. Oke karena udah agak ngantuk to the point aja ya....

INDIKASI AWAL :
Untuk indikasi awal yaitu ketika printer MP287 kita hidupkan maka kalau kita perhatikan di layar display Printer akan menunjukan P10, kemudian di layar lcd atau monitor akan menampilkan pesen error B200.

lihat gambar.

PENYEBAB PRINTER MP287 ERROR B200
  1. Dikarenakan Adaptor atau power suply printer tidak stabil. Dengan tidak stabilnya adaptor maka arus yang didistribusikan ke mainboard jadi kurang dan menyebabkan printer tidak dapat bekerja dengan baik dan menampilkan error b200. cara mengatasinya adalah dengan mengganti adaptor yang rusak dengan adaptor baru atau bekas yang masih bagus.
  2. Error b200 dikarenakan oleh over head. Kalau hal ini yang menyebabkan error b200 cara mengatisinya adalah dengan anda melepas katrid dan kita pinjamkan katrid yang lain yang masih bagus kemudian kita pasangkan, jika sudah normal maka lepas katrid pinjaman tadi dan kita gantikan/kita kembalikan katrid aslinya.
  3. Error B200 dikarenakan Mainboard atau ada dari komponen mainboard yang rusak, untuk kerusakan ini biasanya dikarenakan ada resistor yang bocor atau mungkin putus. Untuk cara memperbaikinya saya akan jelaskan dibawah ini beserta langkah-langkahnya.

CARA MEMPERBAIKI MAINBOARD MP287 B200 :

  1. Bongkar tutup samping dari printer untuk mengambil Mainboardnya. Maaf dokter printer tadi siang tidak sempat merekam karena printer keburu dipakai sama si empunya jadi belum ada video tutorial cara membongkarnya, insya allah akan disusulkan nanti. Jadi dokter printer sarankan untuk hati-hati dalam membukanya.
  2. Cari part atau Resistor dengan kode R301. Karena part atau resistor inilah yang paling sering rusak, kalau sudah ketemu lakukan penggantian resistor yang rusak dengan yang baru menggunakan blower. INGAT Hati-hati setelan angin jangan kencang-kencang. karena pengalaman dokter printer kalau setelan angin terlalu kencang nanti bisa menerbangkan part yang lainnya (ha ha ha....niat mau memperbaiki malah jadi tambah parah...NASIB-NASIB.... :D). 
lihat gambar.


Setelah di lakukan penggantian rakit kembali mainboardnya dan coba nyalakan printer kemudian sahabat dokter printer bisa lihat hasilnya. Sekian postingan dokter printer di tangah malam ini saya do'akan semoga berhasil,,,,(waktunya tidurrrrrr.......).

Buka Komentar
Template By Muh Akram