Cara Service Printer Epson L100, L200 dan Tx 121 Mati Total (Matot)

Assalamu'alaykum...pagi sahabat dokter printer semuanya... dipagi ini tepatnya pukul 04.30 dokter printer akan posting cara service Printer epson L100, L200 dan TX 121 dengan kerusakan mati total (Matot). Jika anda adalah pengguna dari printer ini dan saat ini sedang mengalami masalah mati total maka saya sarankan untuk anda jangan terburu-buru untuk membeli printer baru dulu, kenapa? karena printer mati total masih bisa diperbaiki dan untuk itu kita akan lebih mengirit dalam merogoh kocek kita. Untuk sebuah printer mati total banyak sekali penyebanya dan kita butuh analisa satu persatu untuk dapat menemukannya tentu dibutuhkan kesabaran dan ketelitian. Untuk pembahasan dokter printer kali ini adalah mati total dikarenakan Mainboard printer yang mengalami kerusakan. Akan tetapi disini saya juga sedikit akan menjelaskan diantara sebab lain yang menjadikan printer kita mati total. Oke Langsung saja ya sahabat...

INDIKASI AWAL
Untuk indikasi awal ketika printer jenis L100, L200 atau pun TX121 kita hidupkan dengan menekan tombol ON pada printer, printer tidak mau nyala sama sekali, indikator led lampu printer mati, dan tidak ada tanda-tanda kehidupan (diam seribu bahasa), dengan kita pastikan semua kabel dalam posisi yang pas sudah menyolok ke stop kontak.

CARA MEMPERBAIKINYA :
  1. Cek sumber listrik
  2. Cek kabel power printer pastikan bener-bener bagus dan menancap di stop kontak dengan pas.
  3. Coba cek adaptor apakah adaptor masih bagus atau mati, kalau kita cek ternyata adaptor mati ganti dengan adaptor yang baru, atau dari kanibalan printer lain yang sejenis.
  4. MAINBOARD nya mati/short dan kasus ini yang banyak terjadi. untuk jenis yang ini cara memperbaikinya yaitu dengan membongkar printer L100, L200, atau TX 121 kita secara hati-hati untuk kita ambil mainboardnya. Maaf untuk tutorial membongkar printernya belum ada jadi Dokter printer sarankan untuk memfoto terlebih dahulu agar nanti waktu kita mengembalikan/merakitnya kembali tidak keliru atau ada yang tertinggal, dan hal ini mengakibatkan kita harus bekerja 2 kali. selanjutnya kita cari komponen dioda yang ada di dalam rangkaian mainboard, untuk mainboard ini dioda ada 2 yaitu depan dan belakang, kita test satu persatu dan kita lakukan penggantian jika ada yang mati. untuk kasus mati total dioda inilah yang sering trouble.
     
Oke demikian postingan dokter printer di pagi ini, singkat semoga dapat memberikan manfaat kepada sahabat dokter priter semuanya, Akhirnya selamat mencoba dan semoga berhasil...... :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram