Cara mengatasi Error 5011 Printer Canon MP237, MP258 dan MP287

Pada kesempatan sore ini dokter printer akan share tentang bagaimana Cara Mengatasi error 5011 pada printer canon tipe MP237, MP258 dan MP287. Printer canon seri MP merupakan printer multi fungsi, yang mempunyai kegunaan untuk print, scan dan copy, permasalahan yang sering muncul pada printer seri Mp ini adalah error 5011, terus gimana dong cara mengatasinya? begitu kan pertanyaanya? Oke langsung saja ya sahabat....

INDIKASI AWAL
Untuk indikasi awal permasalahan diatas adalah ketika printer hidupkan dan digunakan untuk mencetak sebuah file dokumen, maka pada tampilan monitor atau lcd kita tiba-tiba menampilkan keterangan kode error 5011, sahabat bisa lihat seperti ilustrasi gambar dibawah ini.


CARA MENGATASINYA
Printer Canon mengalami masalah error 5011 ini disebabkan oleh Scanner yang tidak bekerja, sehingga Logic board mendeteksi kerusakan ini, dan memunculkan keterangan error 5011 atau P22. Untuk mengatasinya sahabat harus meneliti satu persatu komponen dibagian mana pada bagian scanner yang rusak.
  1. Scanner unit rusak. Penanganannya : Perlu pengganti scanner.
  2. Pergerakan Scanner terganggu. Biasanya karena kotor, coba sahabat bersihkan scannernya.
  3. Kabel data flexible scanner ada yang putus atau bergeser, coba lepas kabelnya bersihkan dan pasang kembali, kalau ternyata kabel putus ganti dengan yang baru.
  4. Mainboard printer ada yang rusak dibagian rangkain scanner, kalau ini yang terjadi berarti sahabar harus mengganti boardnya.
NB : Untuk mengetahui penyebab dari kerusakan diatas sahabat dokter printer harus punya part yang OK/baik yang digunakan untuk mencoba atau experimen.

Demikianlah postingan dokter printer disore ini, sedikit semoga bisa bermanfaat, sekian selamat mencoba dan semoga berhasil......

Buka Komentar
Template By Muh Akram