PENGERTIAN PRINTER, JENIS DAN FUNGSINYA

Dokter Printer - Pada dasarnya semua orang mengetahui bagaimana bentuk printer, namun banyak orang yang belum benar-benar paham apa itu Fungsi dari sebuah Printer. Dalam kamus Bahasa Indonesia Printer diartikan sebagai PENCETAK. Dimana printer ini merupakan hardware yang di hubungkan ke perangkat komputer atau pun Laptop untuk mencetak sebuah FILE, baik itu berupa TULISAN,  PHOTO atau GAMBAR. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini printer bisa kita temukan dengan berbagai merk dan jenisnya.

Setelah memahami apa itu printer sahabat Dokter Printer juga perlu mengetahui tentang jenis serta fungsi dari printer. Berikut ini jenis-jenis printer beserta fungsinya :
  1. PRINTER INKJET, Adalah merupakan jenis printer yang paling umum ditemui dan dipakai oleh khalayak umum. Printer jenis ini cara kerjanya menyemprotkan tinta keatas kertas untuk membentuk Tulisan atau Gambar, proses tersebut terjadi akibat adanya sebuah plat Magnet yang mengalirkan tinta keatas kertas sesuai dengan pola yang diperintahkan oleh komputer. Kualitas hasil pencetakan printer inkjet hampir sama dengan printer Laser jet. Kualitas Standart printer inkjet yaitu 300dpi.
  2. PRINTER LASER JET, Printer jenis ini cara kerjanya yaitu laser disinarkan ke sebuah drum untuk membentuk pola Tulisan atau Gambar yang nantinya akan dicetak keatas kertas. Sehingga Drum tersebut berputar melalui toner sehingga akan terkombinasi antara tekanan panas dan proses pencetakan akan terjadi.
  3. PRINTER LED/LCD, Merupakan jenis printer yang hampir sama dengan printer Laser, namun untuk printer ini prosesnya menggunakan Light - Emiting - Dioda. Printer jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas lebih baik.
  4. PRINTER DOT MATRIX, ini adalah jenis printer yang menggunakan pita dan set pin yang tertata rapi untuk mencetak huruf serta karakter lainnya. Printer ini mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan mesin TIK konvensional. Kemudian printer ini memilliki kecepatan cetak 50 hingga 500 karakter per detiknya. Jumlah Pin yang digunakan juga bervariasi antara 9 pin sampai 24 pin/jarum.
  5. PRINTER SOLID INK, Merupakan jenis printer yang menggunakan jenis tinta namun sudah dililinkan.Cara kerja printer ini yaitu melelehkan tinta kemudian ditampung dalam sebuah tempat selanjutnya dipindahkan kesejenis Drum dan akan mendinginkan tinta tersebut sebelum melakukan pencetakan kemedia kertas.
  6. PRINTER DYE SUBLIMATION, Merupakan printer yang banyak digunakan dalam senis Grafis, sebagai pencetak benda keras seperti : MUG atau Souvenir keras lainnya.
  7. PRINTER PORTEBEL, adalah jenis printer yang memiliki resolusi cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa.
  8. PRINTER PLOTTER, Merupakan jenis printer yang sangat akurat dalam proses pencetakannya. Printer ini memiliki ukuran fisik besar dan biasanya untuk mencetak gambar-gambar para Arsitek atau Insinyur.
  9. PRINTER PHOTO DIGITAL, Merupakan jenis printer yang biasa digunakan oleh seorang Photografer untuk mencetak Photo dengan kualitas Tinggi.
  10. PRINTER ID CARD, merupakan jenis printer yang digunakan untuk mencetak ID CARD.
  11. PRINTER POS (Point of Sale), Printer jenis ini banyak kita temukan di toko-toko atau swalayan, untuk mencetak data transaksi, dan printer ini terhubung langsung dengan laci penyimpan uang otomatis.
Mungkin itu tadi sekelumit tentang Pengertian Printer, Jenis-jenis Printer Beserta fungsinya, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan sahabat Dokter Printer tentang printer, terima kasih.... :)

Buka Komentar
Template By Muh Akram