-->

Tips Mudah Merawat Printer

Ada Pepatah yang telah masyhur mengatakan Lebih Baik mencegah dari pada pengobatan. Pepatah ini juga berlaku untuk printer kita, karena apabila Head Printer kita rusak, maka beaya untuk memperbaikinya hampir sama dengan anda membeli printer baru, betul kan sahabat??

Oleh karena itu kita harus bisa merawat printer kita dengan benar, merawat printer ternyata sangat mudah sekali sahabat, kita hanya membutuhkan beberapa menit setiap minggunya, maka printer anda insya allah akan terhindar dari masalah-masalah kerusakan printer.

Untuk menghindari dari kerusakan kerusakan printer :

1. Pakailah Printer secara teratur dan berkala. Permasalahan atau problem yang paling sering kita hadapi adalah kwalitas cetak yang buruk, ada garis putih yang melintang , warna yang hilang atau tinta tidak keluar sama sekali. Dengan penggunaan Printer yang secara teratur, maka kita tetap menjaga agar tinta mengalir dan membasahi permukaan nozzle.

Jika sobat jarang atau bahkan tidak pernah memakai printer, usahakan minimal tiap 1 minggu sekali kita melakukan test print. Dengan demikian dapat mencegah agar tinta tidak kering pada permukaan nozzle. Jika sobat tidak melakukan protokol ini, maka head printer anda akan lebih cepat buntu, dan ini berlaku untuk semua merk inkjet printer.

Tips : sobat printer bisa letakkan sebuah catatan kecil dalam sebuah kertas yang ditempelkan di depan monitor anda untuk mengingatkan agar selalu melakukan pencetakan setiap minggu secara rutin, baik untuk warna hitam maupun warna yang lain.
misalnya tulisan : wajib lakukan pencetakan halaman web yang kaya warna atau foto ukuran kecil yang kaya warna. Cara atau metode ini akan lebih efisien dari pada anda melakukan head cleaning pada printer anda.


2. Matikan Printer Sobat dengan benar Jangan lupa untuk mematikan printer anda jika tidak di pakai, cara ini juga dapat menghindari ke-buntuan nozzle pada head anda.

Penting : Matikan Printer sobat dengan menekan tombol on/off button pada printer anda, jangan mematikan dengan cara mencabut kabel printer anda. Karena jika sobat mematikan dengan on/off button, akan mengaktifkan mekanik capping yang akan membantu untuk mencegah nozzle mengering.


3. Jangan menggunakan kertas kotor atau berdebu untuk print Jika Anda mencetak dengan menggunakan kertas yang berdebu, maka mekanik penggerak kertas atau roller paper akan lebih cepat kotor.


Jika ini terjadi dan sering dilakukan maka roller paper anda akan lebih cepat aus/rusak, efeknya adalah printer tidak dapat menarik kertas.


Bagaimana bila roller paper anda kotor ?
Sobat bisa bersihkan roller printer tersebut dengan Dura klin, caranya : Teteskan Dura klin pada kertas HVS polos, kemudian print halaman kosong pada kertas tersebut, lakukan 4-5 kali, atau gunakan tombol tray pada printer, untuk menarik kertas keluar.

Penting : Jangan sekali-kali sobat pakai Vacuum Cleaner untuk membersihkan printer, dapat mengakibatkan short/korsleting dan terbakar pada board di dalam printer.

Tips : Jika sobat tinggal di tempat dan lokasi yang berdebu, pakailah cover printer agar printer anda lebih terhindar dari debu, cover dapat berupa plastik atau kain.
Buka Komentar
Template By Muh Akram